Diabetes...

>> 6.05.2008

Habis baca gatra, eh ada topik menarik tentang diabetes.. itu tuh penyakit gula yang ada iklan produk susu-nya khususs...

Diabetes kayaknya makin sering kita jumpai akhir-akhir ini, dosen gw, sodara, ortunya temen, temen.. aduh kayaknya makin banyak aja deh orang yang kena penyakit ini. Terutama di kalangan umur-umur 50thnan keatas. Sebenarnya diabetes tuh ada 2 tipe. Tipe pertama : Diabetes yang disebabkan karena hormon insulin yang berfungsi untuk mengubah gula (karbonhidrat) ga lagi diproduksi sama pankreas. Nah tipe pertama ini biasanya dialami sama anak2 dan dewasa. Penanganannya dilakukan dengan menyuntikkan insulin dalam dosis tertentu sesuai dengan resep dokter tentunya.



Diabates tipe kedua terjadi kalo insulin yang diproduksi oleh pankreas ga lagi bisa dikenali oleh sel tubuh atau efektifitas kinerjanya udah ngga 100%. Akibatnya gula (karbonhidrat) yang dikonsumsi lewat makanan ga bisa diubah menjadi energi. Biasanya diabetes ini terkait dengan obesitas atau kegemukan, tapi selain faktor berat badan karena pola hidup yang ga sehat; faktor keturunan juga jadi penyebabnya. So buat mereka yang orang tua atau keluarganya memiliki sejarah diabetes harus lebih waspada (include me).

Diabetes tipe kedua ini dalah diabetes yang paling banyak dialami oleh orang2 saat ini. Sekitar 80% lebih diabetes yang telah dideteksi adalah jenis diabetes tipe 2. dan diabetes berada pada posisi ke-4 penyebab kematian didunia.

Solusi untuk diabetes tipe 2 ini ya harus mengubah pola hidup penderitanya. Mulai dari diet gula ketat, senam diabetes, dan segala hal yang membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Obat-obatan tradisional yang biasa dipake buat nurunin kadar gula dalam darah biasanya dipake kayu manis. Serbuk kayu manis atau seduhan kayu manis bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula. Tapi hati2 juga karena kalo terlalu banyak bisa2 kadar gula nya malah drop. Obat-obatan herbal ato tradisional biasanya tidak dianjurkan untuk pemakaian dalam waktu lama dan harus berkala selang waktu.

Solusi lain yang efektif adalah puasa. Puasa jelas bisa sangat membantu. terbuki mereka yang puasa bisa menurunkan kadar gulanya sangat drastis. Tapi itu semua hanya bentuk pengobatan-pengobatan sementara. Pengobatan total ga ada, yang ada adalah manjaga diri supaya kadar gula dalam darah tetap dalam batas2 toleransi yang bisa ditangani oleh pasiennya.

0 comments:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP