IMEI dan IMSI

>> 6.20.2008

Sebuah komputer yang terhubung pada jaringan (entah internet atau LAN biasa), mereka juga memiliki identitas sendiri sebagai pengenal layaknya kita mempunyai nama. Jika komputer memiliki dua ID yaitu Fisik (MAC Address, pasti unik) dan Logik (IP Address, yang dalam satu network haruslah unik) maka hal yang sama juga terjadi pada Handphone kita. Bayangkan ada berapa ratus juta HP yang aktif di dunia ini. Yang dengan cara yang 'benar' bisa dihubungi dari belahan bumi manapun selagi tidak ada kendala koneksi. Apa yang membuat sebuah HP dikenali oleh HP yang lain? betulkah hanya sekedar [kode negara+ No HP]



Teknologi cellular yang ada sekarang sebetulnya merupakan perpaduan dari dua teknolgi sebelumnya yaitu radio + telepon. Dulu waktu kita ingin berkomunikasi secara mobile kita menggunakan telepon radio atau CB. Masalahnya jangkauan antena CB terbatas dan kanal yang tersedia juga terbatas. Nah kejeniusan dari ide cellular ini ada pada pembagian kota menjadi beberapa cells. Dimana Cells tersebut memeliki lingkup area mereka sendiri. Ketika sebuah HP bergerak dari satu titik dalam satu cell kemudian dia keluar jangkauan dari cell asalnya maka dia akan disambut oleh cell berikutnya (bahasanya... :D)



Ok, singkat kata untuk mengenali sebuah HP, si antena (BTS) akan mengenali dua hal dari beberapa hal yang dipancarkan oleh HP mu yaitu IMEI dan INSInya. IMEI adalah (ntar dilanjutkan lagi.... :D)

0 comments:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP